Rabu, 09 November 2011

cara bongkar laptop acer

1. Pada hal 71 sebenarnya modul memory, modul wireless lan, dan modul modem bisa tidak dicopot kalo hanya ingin membongkar motherboard namun perlu diperhatikan kabel-kabel connector harus dicabut.

Dari kiri ke kanan, modul memory, (modem)wireless lan, (lan kabel)modem


2. Pada hal 72 pencabutan (yg dicabut berjumlah 2) kabel (plastik pipih berwarna biru) dari connector dengan cara mengangkat knop connector (berwarna hitam) keatas dengan mengunakan jari, hati2 melakukan ini karena apabila connector rusak harus mengganti seluruh motherboard.

yg dilingkari adalah dua connector dan yang di beri garis adalah knopnya


3. Pada hal 73 ketika ingin mengangkat upper case jgn lupa membongkar satu mur dibelakang (dekat dua connector usb).

yg dilingkari adalah satu mur tsb


4. Pada hal 74 jika tidak perlu dua mur yg dapat melepaskan dua connector usb tidak perlu dilepas.

yg dilingkari adalah dua mur tsb


5. Pada waktu melepas dan memasang kembali kipas dan heat sink sebaiknya pastikan mur yang dipasang sesuai urutan(pada mur yg menempel pada processor) dan harus dilakukan secara hati-hati.

yg dilingkari lingkaran biru adalah 4 mur processor dan yg dilingkari lingkaran hijau adalah 2 yg menempel pada mother board dekat dengan chip vga


Sebenarnya saya benar-benar belum pernah melakukan ini namun dikarenakan ketidak puasan saya terhadap service yg dilakukan tempat service komputer yg sudah menjadi langganan saya sehingga saya nekat bongkar dengan modal sebuah obeng plus yg kecil dan buku manual service ini. Masalah yg saya dapatkan adalah kipas pendingin saya bunyi dan menimblkan bunyi yg tidak enak didengar serta sangat mengganggu sehingga saya membongkar heatsink serta kipas pendingin. Saya hanya memerlukan waktu 15 menit untuk melepas heatsink setelah baru membaca buku manual ini, sebelumnya coba print hal-hal yang penting mis. dari hal 69-77. Saya menggunakan hp saya untuk membaca buku manual ini, karena hanya laptop ini yg saya punya. Lalu saya copot propeller (baling-baling) kipas dan memberikan gemuk pada besi dibagian tengahnya sedikit pada bagian atas besi dan sedikit pada bagian dasar besi (pada bagian-bagian yg berbentuk lengkungan). Dan akhirnya bunyi itu pun sirna setelah dua hari pemakaian normal. Berhasil!

Terinspirasi dari tulisan seseorang di sebuah majalah komputer : "Andaikan setiap orang yang melakukan service hardware komputernya menceritakan dan menulisnya di blog maupun di forum, pastilah semua permasalahan dunia komputer di dunia ini akan mudah diselesaikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar